Selasa, 06 Oktober 2009

Menyunting Naskah Anda

Saya baru saja membaca buku yang begitu menstimulasi saya untuk menerbitkan buku secara swakelola. Judulnya Saya Bermimpi Menulis Buku karya Bambang Trim. Di dalam buku tersebut, Anda akan memperoleh pengetahuan tentang penerbitan swakelola dan penyuntingan mandiri. Menurut buku ini, terdapat beberapa hal yang penting untuk Anda sunting pada naskah Anda. Hal tersebut adalah sebagai berikut:

1. Lihatlah dulu penampilan naskah Anda dalam tata cara mengetikkan naskah. Periksalah apakah naskah Anda sudah memiliki nomor halaman; apakah jelas pemisahan antarbab; antarsubbab; periksa juga ukuran font yang digunakan (normal adalah 12 pt) dan besar jarak antarbaris (spasi) yang digunakan 1,5 spasi atau 2 spasi.
2. Periksalah ejaan kata, istilah, nama orang, nama tempat, dan sebagainya dalam naskah Anda. Perhatikan kata-kata yang seolah-olah tampak sama, tapi sebenarnya berbeda makna, seperti: bisa dan bias, ketika dan ketiak, persebaran dan perbesaran.
3. Periksa konsistensi penggunaan istilah pada naskah Anda. Misalnya jika Anda memakai kata Jogja, maka konsistenlah dalam menggunakan kata tersebut, bukan yogyakarta.
4. Bacalah secara perlahan paragraf demi paragraf naskah Anda.

Demikian ilmu yang dapat saya bagikan pada Anda. Sebagai seorang editor saya juga sependapat dengan beliau. Betewe, saat ini saya bekerja di Tiga Serangkai sebagai editor. Sebelumnya sempat di Yudhistira sebagai editor buku pelajaran bahasa Inggris, pernah juga di Tarawang Press sebagai editor dan penerjemah, serta di Mediapressindo sebagai penerjemah.
Oya, saya juga bisa bantu menerjemah dan menyunting naskah Anda lho.
Hub: Irfan 08562564314
Atau kirim email ke: ipanklove@yahoo.com
Saya akan jelaskan sistem pembayarannya. Harga terjangkau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar